Nama : MUJIAROTUL
KHASANAH
No.
Peserta PPG : 1828 0352 3101 04
Berikan pendapat Ibu/Bapak atas tayangan video tersebut dan
bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad 21 ini?
Pembelajaran
abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana
kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang begitu cepat
memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses
belajar mengajar. Salah satu contoh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi
memiliki pengaruh terhadap proses pembelajaran ialah peserta didik diberi
kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan kecakapannya dalam menguasai
teknologi informasi dan komunikasi – khususnya komputer, sehingga peserta didik
memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang
bertujuan untuk mencapai kecakapan berpikir dan belajar peserta didik.
Selain itu,
sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana
kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan
pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning) menjadi
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning).
Pembelajaran abad 21 meliputi Communicaion (komunikasi),
Collaboration (Kerjasama), Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah),
dan Creativity and
Innovation (Daya
cipta dan Inovasi).
Meskipun proses pembelajaran berpusat pada
siswa tapi kemampuan pedagogik seorang guru juga menentukan keberhasilan
pembelajaran abad 21. Kompetensi pedagogik sekurang-kurangnya meliputi:
1.
Memahami
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual
2.
Memahami latar
belakang keluarga dan masyarakat peserta didik dan kebutuhan belajar dalam
konteks kebhinekaan budaya
3.
Memahami gaya
belajar dan kesulitan belajar peserta didik
4.
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik
5.
Menguasai teori
dan prinsip belajar serta pembelajaranYang mendidik
6.
Mengembangkan
kurikulum yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
7.
Merancang
pembelajaran yang mendidik
8.
Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik
9.
Mengevaluasi
proses dan hasil pembelajaran
Apabila 4
komponen di atas di kuasai dengan baik oleh siswa dan guru juga menguasai komponen pedagogik maka tentunya akan berpengaruh pada
keberhasilan model pembelajaran abada 21.
Ada beberapa
faktor yang menjadi kendala keberhasilan model pembelajaran abad 21 antara lain
:
1.
Sebagian
besar guru kurang menguasai teknologi, keterbatsan ini tentu saja akan
berdampak menghambat proses pembelajaran abad 21.
2.
Kurangnya
minat siswa pada aplikasi pendidikan di internet.
3.
Keterbatasan
jaringan dan sinyal di banyak wilayah Indonesia, Terutama daerah pedalaman.
4.
Minimnya
perangkat teknologi yang memadai di tiap sekolah.
5.
Kurangnya
pengetahuan orang tua akan kemajuan teknologi pembelajaran abad 21.
Dari kendala tersebut, maka solusi yang bisa
pergunakan untuk memperbaiki diantaranya :
1.
Untuk
mengembangkan kompetensi Guru bisa dilakukan kegiatan seperti seminar,
workshop, dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga profesi
guru, forum guru (KKG), konsorsium, perguruan tinggi, swasta maupun pemerintah
dalam hal ini dinas pendidikan berbasis teknologi pembelajaran abad 21.
2.
Sekolah
harus mempunyai portal website tersendiri yang contentnya menarik siswa untuk
belajar sehingga pembelajaran abad 21 dapat berjalan dengan baik.
3.
Harus
ada kerjasama antar instasi yang berhubungan dengan pengerjaan jaringan dan
sinyal. Dalam hal ini adalah pemerintah dengan pihak provider tertentu.
4.
Harus
ada prioritas anggaran pendidikan untuk pengadaan perangkat yang memenuhi
kebutuhan perangkat teknologi.
5.
Perlu
adanya sosialisasi terhadap orang tua bahwa proses belajar itu harus berubah
mengikuti perkembangan jaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar