Minggu, 29 Juli 2018

Tugas Analisa video M2 KB1.1






Nama                               :  MUJIAROTUL KHASANAH
No. Peserta PPG              :  1828 0352 3101 04

Berikan pendapat Ibu/Bapak atas tayangan video tersebut dan bagaimana dampak terhadap kompetensi pedagogik guru abad 21 ini? 
Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar. Salah satu contoh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki pengaruh terhadap proses pembelajaran ialah peserta didik diberi kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan kecakapannya dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi – khususnya komputer, sehingga peserta didik memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai kecakapan berpikir dan belajar peserta didik.
Selain itu, sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning).
Pembelajaran abad 21 meliputi Communicaion (komunikasi), Collaboration (Kerjasama), Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah), dan Creativity and Innovation (Daya cipta dan Inovasi).
Meskipun proses pembelajaran berpusat pada siswa tapi kemampuan pedagogik seorang guru juga menentukan keberhasilan pembelajaran abad 21. Kompetensi pedagogik sekurang-kurangnya meliputi:
1.    Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
2.    Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat peserta didik dan kebutuhan belajar dalam konteks kebhinekaan budaya
3.    Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik
4.    Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
5.    Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaranYang mendidik
6.    Mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
7.    Merancang pembelajaran yang mendidik
8.    Melaksanakan pembelajaran yang mendidik
9.    Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran

Apabila 4 komponen di atas di kuasai dengan baik oleh siswa dan  guru juga menguasai komponen pedagogik  maka tentunya akan berpengaruh pada keberhasilan model pembelajaran abada 21.
Ada beberapa faktor yang menjadi kendala keberhasilan model pembelajaran abad 21 antara lain :
1.       Sebagian besar guru kurang menguasai teknologi, keterbatsan ini tentu saja akan berdampak menghambat proses pembelajaran abad 21.
2.       Kurangnya minat siswa pada aplikasi pendidikan di internet.
3.       Keterbatasan jaringan dan sinyal di banyak wilayah Indonesia, Terutama daerah pedalaman.
4.       Minimnya perangkat teknologi yang memadai di tiap sekolah.
5.       Kurangnya pengetahuan orang tua akan kemajuan teknologi pembelajaran abad 21.

Dari kendala tersebut, maka solusi yang bisa pergunakan untuk memperbaiki diantaranya :
1.       Untuk mengembangkan kompetensi Guru bisa dilakukan kegiatan seperti seminar, workshop, dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga profesi guru, forum guru (KKG), konsorsium, perguruan tinggi, swasta maupun pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan berbasis teknologi pembelajaran abad 21.
2.       Sekolah harus mempunyai portal website tersendiri yang contentnya menarik siswa untuk belajar sehingga pembelajaran abad 21 dapat berjalan dengan baik.
3.       Harus ada kerjasama antar instasi yang berhubungan dengan pengerjaan jaringan dan sinyal. Dalam hal ini adalah pemerintah dengan pihak provider tertentu.
4.       Harus ada prioritas anggaran pendidikan untuk pengadaan perangkat yang memenuhi kebutuhan perangkat teknologi.
5.       Perlu adanya sosialisasi terhadap orang tua bahwa proses belajar itu harus berubah mengikuti perkembangan jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar