Minggu, 29 Juli 2018

Tugas M1 KB3


Tugas Terstruktur
1.   Susunlah rancangan pembelajaran dengan memperhatikan keterampilan belajar abad 21 berdasarkan kondisi riil sekolah!

DESAIN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMAN 6 Kabupaten Tangerang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester
:
XI / Genap
Kompetensi Dasar
:
1.1 Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Pengolah Angka
Indikator
:
Menjelaskan pengertian perangkat lunak Pengolah Angka
Materi Pokok
:
Menu dan ikon aplikasi dalam perangkat lunak Pengolah Angka
Pertemuan Ke
:
1 (satu)
Alokasi Waktu
:
1 X 45 Menit (1 JP)



A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran peserta didik diharapkan dapat menjelaskan pengertian perangkat lunak Pengolah Angka.
B.   Materi Pembelajaran
Pengertian perangkat lunak Pengolah Angka, serta aplikasi perangkat lunak Pengolah Angka.
C.   Strategi Pembelajaran
1.    Pendekatan    : Saintifik
2.    Model                : Demonstration method
3.    Metode             : Praktikum
D.  Media Pembelajaran
1.    Media                                : Aplikasi pengolah grafis
2.    Alat                     : Laptop, LCD Projector
E.   Sumber Belajar
1.    Buku Panduan Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK 2) Untuk SMA Kelas XI Edisi Kedua.Jakarta.Yudhistira: 2017
2.    File gambar yang relevan dari internet dan aplikasi

 F.    Kegiatan Pembelajaran
Sintaks
Deskripsi
Keterampilan Abad 21
Stimulation
(Stimulasi/Pemberian
Rangsangan)
Peserta didik diminta untuk mengamati dan memperhatikan demonstrasi guru.

Problem Statement
(Pertanyaan/Identifikasi Masalah)
Peserta didik kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai  berikut:
1.    Apakah yang anda ketahui tentang perangkat lunak Pengolah Angka
2.    Apakah aplikasi yang sesuai untuk perangkat lunak Pengolah Angka

Peserta didik kemudian diminta untuk merumuskan hipotesis
Critical Thinking and Problem Solving
Data Collection
(Pengumpulan Data)
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti internet dan aplikasi garfik secara langsung, guna menjawab pertanyaan dan mendukung hipotesis yang telah diajukan
Collaborative,
Creative and Inovative
Data Processing
(Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh dari berbagai sumber dan menyajikannya dalam laporan hasil secara langsung.
Communication
Verifikasi data
(Pembuktian)
Peserta didik berdiskusi secara berkelompok dan mempraktikan secara langsung materi yang telah didemonstrasikan.
Communication, Collaborative

Generalization
(Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
Peserta didik menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan memperoleh pengetahuan baru dari hasil demonstrasi dan praktikum yang dilaksanakan secara mandiri.



2. Konsep Penilaian Pembelajaran Di Abad 21
Jika selama ini kegiatan penilaian identik dengan kegiatan pengukuran terhadap penguasaan pengetahuan atau lebih berorientasi pada hasil, maka pada abad 21 paradigma penilaian telah bergeser menuju ke arah yang lebih komprehensif, yakni tidak hanya mengukur hasil belajar pada aspek pengetahuan semata melainkan terhadap seluruh aspek kompetensi (sikap, pengetahuan dan keterampilan). Selanjutnya, jika penilaian konvensional dilaksanakan secara terpisah dengan kegiatan pembelajaran, maka pada abad 21 kegiatan penilaian dipandang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian yang demikian kemudian kita kenal sebagai penilaian autentik, yang merupakan benchmark bagi kegiatan penilaian pada pembelajaran abad 21.

Selanjutnya dalam rangka menambah benefit dari kegiatan penilaian terhadap pembelajaran. Penilaian abad 21 diharapkan tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penilaian untuk pembelajaran bermakna bahwa kegiatan penilaian ditujukan untuk memberikan feedback yang diperlukan untuk memperbaiki pembelajaran. Sedangkan penilaian sebagai pembelajaran bermakna bahwa kegiatan penilaian diharapkan akan membangkitkan kesadaran siswa untuk mau merefleksi kelebihan serta kekurangan mereka dalam proses pembelajaran sehingga memacu semangat mereka untuk lebih optimal dalam pembelajaran.

2. Konsep Penilaian Pembelajaran Di Abad 21
Jika selama ini kegiatan penilaian identik dengan kegiatan pengukuran terhadap penguasaan pengetahuan atau lebih berorientasi pada hasil, maka pada abad 21 paradigma penilaian telah bergeser menuju ke arah yang lebih komprehensif, yakni tidak hanya mengukur hasil belajar pada aspek pengetahuan semata melainkan terhadap seluruh aspek kompetensi (sikap, pengetahuan dan keterampilan). Selanjutnya, jika penilaian konvensional dilaksanakan secara terpisah dengan kegiatan pembelajaran, maka pada abad 21 kegiatan penilaian dipandang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian yang demikian kemudian kita kenal sebagai penilaian autentik, yang merupakan benchmark bagi kegiatan penilaian pada pembelajaran abad 21.


Selanjutnya dalam rangka menambah benefit dari kegiatan penilaian terhadap pembelajaran. Penilaian abad 21 diharapkan tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penilaian untuk pembelajaran bermakna bahwa kegiatan penilaian ditujukan untuk memberikan feedback yang diperlukan untuk memperbaiki pembelajaran. Sedangkan penilaian sebagai pembelajaran bermakna bahwa kegiatan penilaian diharapkan akan membangkitkan kesadaran siswa untuk mau merefleksi kelebihan serta kekurangan mereka dalam proses pembelajaran sehingga memacu semangat mereka untuk lebih optimal dalam pembelajaran.


1 komentar:

  1. The Best Casino Site For Canadian Players - CHOEGO CASINO
    Best Canadian Online Casinos for Online Casino ✓ All you need to know ✓ Top choegocasino Casino sites available ✓ Welcome 제왕카지노 Bonuses ✓ Best Bonus Codes ✓ 샌즈카지노 Get

    BalasHapus