Minggu, 29 Juli 2018

Tugas M1 Kb2


A.  Tugas Terstruktur
Contoh konkret dari sumber referensi yang ada di buku maupun jurnal tentang peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!

Judul Artikel
:
Pengembangan Portal E-Learning berbasis Schoology pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Banjarangkan
Penyusun
:
Kade Ferry Apriyana, Nyoman Wirya, Desa Putu Parmiti
Diterbitkan di
:
Jurnal EDUTECH Undisksha
Isi Jurnal
:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rancangan pengembangan portal e-learning berbasis schoology terdiri dari tiga fase yakni fase analisis kebutuhan, fase desain, serta fase pengembangan dan implementasi; (2) hasil evaluasi ahli isi mata pelajaran berada kualifikasi baik (88%), hasil evaluasi ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88%), hasil evaluasi ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (92%), hasil uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik(92%), hasil uji kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (87,8%) dan hasil uji lapangan pada kualifikasi sangat baik (95,1%). (3) Perhitungan hasil uji efektivitas diperoleh nilai rerata pre-tes (54,33) lebih kecil dari nilai post-tes (80,33) dan terhitung (20.800) lebih besar dari harga ttabel (2.000) pada taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini bearti terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan portal berbasis schollogy.
Analisis Peran Guru berdasarkan Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru
:
Berdasarkan hasil analisis, Portal E-Learning berbasis schoology efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2014/2015.







B.  Tugas Mandiri
Jawablah pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.   Apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Andalakukandi kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad 21? Coba jelaskan secara singkat!
2.   Berilah contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad 21?
3.   Berikan ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad 21?
4.   Sebutkan dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21!
5.   Sebutkan dan jelaskan peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!

Jawaban Tugas Mandiri:
A.    Bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang dilakukan dalam pembelajaran, antara lain:
a.   Interactive tools atau media peralatan interaktif, Peserta didik memanfaatkan internet melalui wifi di lingkungan sekolah dan atau di rumah. Peserta didik memanfaatkan internet untuk memperoleh informasi mengenai pembelajaran, penyelesaian tugas-tugas hingga mengerjakan soal-soal evaluasi.
b.   Interacting with others (berinteraksi dengan orang lain), Penggunaan media komputer berbasis internet memudahkan peserta didik untuk mencari sumber belajar dimanapun dan kapanpun. Peserta didik dapat menggunakan Smartphone, PC Tablet ataupun laptop yang terhubung dengan saluran internet dapat digunakan untuk mengirim pesan berupa video, pesan suara, dan animasi. Pada prakteknya, peserta didik bisa membentuk kelompok belajar virtual melalui aplikasi whatssapp atau telegram untuk berdiskusi dan berbagi informasi mengenai pembelajaran.
B.    Beberapa contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad 21, antara lain:
a.   Pemanfaatan mesin pencari seperti google dan yahoo sebagai salah satu sumber informasi untuk pembelajaran;
b.   Pemanfaatan software microsoft office powerpoint, adobe flash, dan mind mapp untuk membuat media pembelajaran interaktif;
c.   Pemanfaatan Blog pembelajaran (http://iwansmtri.blogspot.com), blog pendidikan yang berisikan materi pembelajaran serta latihan soal sebagai salah satu sumber pembelajaran; dan
d.   Pembuatan soal-soal pembelajaran online dengan memanfaatkan layanan google form dan aplikasi wondershare quiz creator.
C.   Ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah dilaksanakan pada pembelajaran abad 21?
Related image














D.   Beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21 adalah sebagai  berikut :
·         Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
Pembelajaran ini menunjukkan bahwa kegiatan seorang guru di era digital berisi presentasi yang kaya akan media interaktif. Sebagai contoh kegiatan Forum diskusi secara secara langsung yang membahas topik yang sedang trend saat ini.
·         Personal Response System (PRS)
PRS merupakan sebuah keypad wireless (tanpa kabel) seperti remot TV yang mentransmisikan respon dari siswa. Karena setiap PRS ditugaskan kepada siswa untuk mencatat tanggapan mereka terhadap pilihan ganda atau pertanyaan ya / tidak. Ketika fasilitator (seperti guru atau dosen) mengajukan pertanyaan pilihan ganda atau ya / tidak, siswa menekan tombol pada perangkat genggam yang sesuai dengan jawaban yang dimaksudkan. Semua jawaban siswa direkam dan dianalisis, dan dapat ditampilkan di layar komputer fasilitator sebagai histogram yang mudah dibaca. Sistem juga dapat diprogram untuk menampilkan identitas responden yang pertama kali menekan tombol yang sesuai dengan jawaban yang benar setelah pertanyaan diajukan.
.
·         Mobile Assessment Tools
Sumber komputasi seluler (mobile computing resources) memungkinkan Selama sesi pelatihan praktis, guru mengisi formulir penilaian digital, yang kemudian dikirimkan situs web mobile ke sistem portofolio yang terkait. Jika tidak ada sistem yang terkait, PDF dengan informasi penilaian dikirim.

·         Community of Practice (Komunitas Praktik)
Guru di era digital juga berpartisipasi dalam kegiatan community of practice (COP), dimana kelompok guru atau pendidik yang mempunyai tujuan sama dari seluruh penjuru dunia saling berbagi ide dan sumber daya. Interaksi berbasis internet ini memungkinkan guru untuk berkolaborasi maupun bertukar gagasan dan materi

E.    Peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
Standar
Deskripsi
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
Guru menggunakan pengetahuan mereka tentang materi pelajaran, pengajaran dan pembelajaran, dan teknologi untuk memfasilitasi pengalaman yang memajukan pembelajaran siswa, kreativitas, dan inovasi baik di lingkungan tatap muka dan virtual.
Merancang dan Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age.
Guru merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pengalaman belajar otentik dan penilaian yang menggabungkan alat dan sumber daya kontemporer untuk memaksimalkan pembelajaran konten dalam kontak dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diidentifikasi dalam NETS-S.
Model Kerja dan Belajar Digital-Age.
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital.
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
Guru memahami masalah dan tanggung jawab sosial lokal dan global dalam budaya digital yang berkembang dan menunjukkan perilaku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar