A.
Tugas Terstruktur
Contoh konkret dari sumber
referensi yang ada di buku maupun jurnal tentang peran guru di era digital abad
21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards
for Teacher)/NETS-T!
Judul Artikel
|
:
|
Pengembangan Portal E-Learning
berbasis Schoology pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Banjarangkan
|
Penyusun
|
:
|
Kade Ferry Apriyana, Nyoman Wirya,
Desa Putu Parmiti
|
Diterbitkan di
|
:
|
Jurnal EDUTECH Undisksha
|
Isi Jurnal
|
:
|
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Rancangan pengembangan portal e-learning berbasis schoology terdiri dari
tiga fase yakni fase analisis kebutuhan, fase desain, serta fase pengembangan
dan implementasi; (2) hasil evaluasi ahli isi mata pelajaran berada
kualifikasi baik (88%), hasil evaluasi ahli desain pembelajaran berada pada
kualifikasi sangat baik (88%), hasil evaluasi ahli media pembelajaran berada
pada kualifikasi sangat baik (92%), hasil uji perorangan berada pada
kualifikasi sangat baik(92%), hasil uji kelompok kecil berada pada
kualifikasi baik (87,8%) dan hasil uji lapangan pada kualifikasi sangat baik
(95,1%). (3) Perhitungan hasil uji efektivitas diperoleh nilai rerata pre-tes
(54,33) lebih kecil dari nilai post-tes (80,33) dan terhitung (20.800) lebih
besar dari harga ttabel (2.000) pada taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima. Hal ini bearti terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS
sebelum dan sesudah menggunakan portal berbasis schollogy.
|
Analisis Peran Guru berdasarkan
Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru
|
:
|
Berdasarkan hasil analisis, Portal
E-Learning berbasis schoology efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Banjarangkan tahun
pelajaran 2014/2015.
|
B. Tugas
Mandiri
Jawablah pertanyaan soal
latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.
Apa
saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Andalakukandi
kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran abad 21? Coba jelaskan secara singkat!
2.
Berilah
contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad
21?
3.
Berikan
ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang
sudah Anda laksanakan pada pembelajaran abad 21?
4.
Sebutkan
dan jelaskan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan
potensinya terkait tugas dan perannya di era digital abad 21!
5.
Sebutkan
dan jelaskan peran guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi
Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards
for Teacher)/NETS-T!
Jawaban Tugas Mandiri:
A.
Bentuk
pemanfaatan teknologi dan media informasi yang dilakukan dalam pembelajaran,
antara lain:
a.
Interactive tools atau media peralatan
interaktif, Peserta didik memanfaatkan internet melalui wifi di lingkungan sekolah dan atau di rumah. Peserta didik
memanfaatkan internet untuk memperoleh informasi mengenai pembelajaran,
penyelesaian tugas-tugas hingga mengerjakan soal-soal evaluasi.
b.
Interacting with others (berinteraksi dengan orang lain), Penggunaan media komputer
berbasis internet memudahkan peserta didik untuk mencari sumber belajar
dimanapun dan kapanpun. Peserta didik dapat menggunakan Smartphone, PC Tablet ataupun laptop
yang terhubung dengan saluran internet dapat digunakan untuk mengirim pesan
berupa video, pesan suara, dan animasi. Pada prakteknya, peserta didik bisa
membentuk kelompok belajar virtual melalui aplikasi whatssapp atau telegram
untuk berdiskusi dan berbagi informasi mengenai pembelajaran.
B.
Beberapa
contoh konkret pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran abad
21, antara lain:
a.
Pemanfaatan
mesin pencari seperti google dan yahoo sebagai salah satu sumber
informasi untuk pembelajaran;
b.
Pemanfaatan
software microsoft office powerpoint,
adobe flash, dan mind mapp untuk membuat media pembelajaran interaktif;
c.
Pemanfaatan
Blog pembelajaran (http://iwansmtri.blogspot.com), blog pendidikan yang berisikan
materi pembelajaran serta latihan soal sebagai salah satu sumber pembelajaran;
dan
d.
Pembuatan
soal-soal pembelajaran online dengan memanfaatkan layanan google form dan aplikasi wondershare
quiz creator.
C.
Ilustrasi
akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah
dilaksanakan pada pembelajaran abad 21?
D.
Beberapa
kemampuan yang dapat dikembangkan guru untuk menunjukkan potensinya terkait
tugas dan perannya di era digital abad 21 adalah sebagai berikut :
·
Interactive Instruction (Pembelajaran
Interaktif)
Pembelajaran ini
menunjukkan bahwa kegiatan seorang guru di era digital berisi presentasi yang
kaya akan media interaktif. Sebagai contoh kegiatan Forum diskusi secara secara
langsung yang membahas topik yang sedang trend saat ini.
·
Personal Response System (PRS)
PRS merupakan sebuah keypad wireless (tanpa kabel) seperti remot TV yang mentransmisikan respon dari siswa. Karena setiap PRS ditugaskan kepada siswa untuk mencatat tanggapan mereka terhadap pilihan ganda atau pertanyaan ya / tidak. Ketika fasilitator (seperti guru atau dosen) mengajukan pertanyaan pilihan ganda atau ya / tidak, siswa menekan tombol pada perangkat genggam yang sesuai dengan jawaban yang dimaksudkan. Semua jawaban siswa direkam dan dianalisis, dan dapat ditampilkan di layar komputer fasilitator sebagai histogram yang mudah dibaca. Sistem juga dapat diprogram untuk menampilkan identitas responden yang pertama kali menekan tombol yang sesuai dengan jawaban yang benar setelah pertanyaan diajukan.
.
·
Mobile Assessment Tools
Sumber komputasi
seluler (mobile computing resources) memungkinkan Selama
sesi pelatihan praktis, guru mengisi formulir penilaian digital, yang kemudian
dikirimkan situs web mobile ke sistem portofolio yang terkait. Jika tidak ada
sistem yang terkait, PDF dengan informasi penilaian dikirim.
·
Community of Practice (Komunitas Praktik)
Guru di era digital
juga berpartisipasi dalam kegiatan community of practice (COP), dimana
kelompok guru atau pendidik yang mempunyai tujuan sama dari seluruh penjuru
dunia saling berbagi ide dan sumber daya. Interaksi berbasis internet ini
memungkinkan guru untuk berkolaborasi maupun bertukar gagasan dan materi
E.
Peran
guru di era digital abad 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk
Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!
Standar
|
Deskripsi
|
Memfasilitasi
dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
Guru
menggunakan pengetahuan mereka tentang materi pelajaran, pengajaran dan
pembelajaran, dan teknologi untuk memfasilitasi pengalaman yang memajukan
pembelajaran siswa, kreativitas, dan inovasi baik di lingkungan tatap muka
dan virtual.
|
Merancang
dan Mengembangkan Pengalaman dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age.
|
Guru
merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pengalaman belajar otentik dan
penilaian yang menggabungkan alat dan sumber daya kontemporer untuk
memaksimalkan pembelajaran konten dalam kontak dan mengembangkan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang diidentifikasi dalam NETS-S.
|
Model
Kerja dan Belajar Digital-Age.
|
Guru
menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital.
|
Mempromosikan
dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
|
Guru
memahami masalah dan tanggung jawab sosial lokal dan global dalam budaya
digital yang berkembang dan menunjukkan perilaku
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar